[REVIEW] Jeep Lava Tour Merapi


Ambil cuti hari kejepit kalo dipake liburan emang ga pernah sia-sia hehe. Start di tanggal 8 September 2018 berangkat dari Bekasi ke Jogja dengan jarak tempuh kurang lebih 15 jam pake bis emang lumayan bikin pantat tepos. Awal mau berangkat sebenernya agak was-was karena actually (yha biar kek anak Jaksel) gue mabu kalo naik bis. Cumaaa, kali ini gue nyewa bis pribadi jadi isinya cuma keluarga doang sekitar 15 orang. Dan surprisingly, gue ga mabuk dong wkwk. 


Selama di Jogja rencananya mau banyaaaak banget ke sini ke situ tapi apa daya waktu tak ada. Jadi di hari pertama kita sampe, malemnya cuma strolling around di Malioboro. Ga bisa beli apa-apa karena dompet w dibawa nyokap dan kita terpisah yauda w bisa apa... 


Nah besoknya, kita baru deh ikutan Tour Merapi. Sebenernya pas mau ajak rombongan bapak-ibu-anak ke Merapi agak mikir-mikir sih karena dari harga juga lumayan mahal dan ini agak-agak off road gitu, takut pada sakit pinggang ntar w suruh tanggung jawab kan berabe. Etapi mereka ternyata excited gitu yaudah cuss kita berangkat. 

Berangkat dari guest house sekitar jam set 10 sampe sana jam set 11. Kalo dari kota Jogjanya engga terlalu jauh, cuma karena jalannya nyantai jadi kira-kira butuh sejam ke Merapi. Kalo udah deket-deket Merapi biasanya udah banyak tuh papan-papan tanda penyewaan jeep untuk tour Merapi, bolehla dipilih-pilih. 


Akhirnya pilihan tour Merapi ini jatuh di tour yang ada persis di parkiran Museum Gunung Merapi yang besar. Si tour ini menyediakan 5 paket tour Merapi dari mulai harga 300-600 ribu (kalo ga salah) untuk masing-masing jeep yang bisa diisi 4 orang. Setelah berunding bersama sepupu-sepupu, akhirnya kita memutuskan untuk ambil Paket 3 (Medium) dengan durasi kurang lebih 150 menit dengan harga 450 ribu/jeep. Rute yang nantinya dilewatin adalah Start Museum Gunung Merapi - Makam Massal - Dusun Petung - Museum Mini Sisa Hartaku - Batu Alien - Bunker Kaliadem - Rumah Mbah Maridjan - Kalikuning. 


Karena kita datengnya pas lagi long weekend, jadi harus nunggu antrian jeepnya. Dijanjiin jam 11  berangkat tapi molorrr sampe sekitar jam 12 lewat dikit kita berangkat. Tujuan pertama: Makam Massal. Hm.. gue mulai mengira-ngira, mau ngapain kita di sana ya? Ziarah? Atau mau ngerasain suasananya doang? Setelah sekitar 10 menitan jalan, termasuk abangnya isi bensin sama ambilin masker buat kita, sampe deh tuh kita di Makam Massal dan eh lah dalah kita cuma lewat doang. 


Pas lewat abangnya emang sambil nunjukkin sih, kayak "Itu mba sebelah sana makam massalnya. Dibikin karena waktu erupsi 2010 jumlah korbannya banyak, jadi zjkdvblasivcwyfvc" terus suara abangnya ketiup angin sama ketutup suara mesin. Yaudah yang penting gue udah tau intinya dah. 

Harusnya kaaan abis Makam Massal itu ada 1 dusun yang kita datengin namanya Dusun Petung, ini juga kita ga berhenti. Abangnya juga ga nunjukkin itu dusun di mana. Yaudah ikhlasin aja 😊

Move forward..... Kita sampe di Museum Mini Sisa Hartaku. Pas dateng, rombongan bapak-ibu-anak ini langsung serbu toko souvenir karena PANAS BANGET ASTAGFIRULLAH jadi mereka pada beli kacamata dan topi 25ribuan. MURMER SIS SAYA SETUJU. 

Masuk ke dalem, ternyata isinya adalah rumah tinggal salah satu korban erupsi yang kalo ga salah namanya Bapak Asih. Di halaman rumah paling depan, kita disambut sama 2 kerangka sapi yang literally tinggal tulang. Di dalem rumahnya, tertata sisa-sisa harta yang kena dampak erupsi. Isinya perabotan dari mulai sendok, garpu, gelas, tv, spring bed, sampe motor yang mayoritas kondisinya sama kayak si sapi, tinggal kerangka. Yang bikin agak bergidik sebenernya pas ngeliat gelas kaca dalam keadaan meleleh gitu, yang gue tau kaca bisa meleleh kalo kena suhu panas ekstrim, ya bayangin aja deh itu suhu abu vulkanik (wedhus gembel) kayak apa panasnya. 


Setelah dari sini kita menuju Batu Alien. Di jalan, abangnya cerita kalo warga Merapi setempat pun dibuat terbingung-bingung karena batu ini muncul out of nowhere. Yang bikin batu unik ini karena batunya superrrr besar dan lekukannya ngebuat si batu jadi mirip muka manusia, atau ada yang bilang mirip muka alien. Kalo menurut abangnya, sebenernya nama batu ini adalah Batu Alihan, bukan Alien. Karena diduga batu ini merupakan bagian dari gunung yang "terpocel" dan gelinding lalu sampailah dia di lokasi ini, jadi batunya beralih gitu. Lokasi ini dulunya adalah pemukiman warga sekaligus kandang sapi yang jaraknya dekettt banget dari puncak. Lahar panas yang engga bisa tertampung di kali bawahnya ngebuat pemukiman ini akhirnya hancur lebur ga bersisa dan cuma menyisakan si Batu Alien ini. 


(Mon maap pake poto keluarga, poto si batu sendirian ga ada soalnya.)

Mirip muka manusia ga sih? Wallahualam.... 

Abis dari sini, kita lanjut ke Bunker Kaliadem. Hehe jujur aja pas jalan ke sana kan abangnya cerita tuh kalo bunker itu yang tadinya difungsikan sebagai tempat penyelamatan malah memakan korban 2 orang, gue agak-agak ngeri gitu, mau dateng ke death scene kan serem. Jarak bunker ini sama puncak Merapi kira-kira 3 km, jadi dampaknya pasti bakalan sangat-sangat dahsyat. Pas masuk ke dalem bunker, gue sempet kaget karena di dalem itu adem coy, gue kira ada acnya, tapi ga ada. Rasanya tuh kayak lo masuk ke 1 ruangan penuh dengan udara dingin pegunungan, sejuk, tapi bikin merinding. 

Si abangnya cerita, 2 orang yang jadi korban itu ditemukan di dalam bunker di tempat terpisah. Yang 1 ditemukan di pintu depan karena diduga akan menutup pintu tapi terlambat, jadi lahar panas masuk ke bunker. Dan yang ke-2 ditemukan di kamar mandi dalam keadaan terpanggang, padahal tujuan awalnya si korban ke-2 masuk ke kamar mandi adalah untuk mencari air karena suasana di dalem bunker udah mulai memanas, tapi ya apa boleh buat, takdir berkata lain. Besoknya, tim evakuasi berhasil mengambil jenazah korban di dalam bunker ini dengan suhu yang masih di 367 derajat. 

Please send them Al-Fatihah... 


Next destination is... Rumah Mbah Maridjan. Jadi, gue punya temen SMA yang memang benar-benar cucunya Mbah Maridjan. Sepanjang jalan ke sana gue mikir, ini jalan ke Merapi rusak banget begini masa pemerintahnya ga ada yang mau benerin, kasian banget dong ya setiap mudik harus ngelewatin jalan ke sini. Eh ternyata ku tertypu, ada jalan mulus langsung ke rumah Mbah Maridjan, jadi jalan yang rusak ini memang sengaja dibiarin aja soalnya ya buat offroad ini. 

Di rumah Mbah Maridjan ini kita diperlihatkan lokasi di mana jenazah Mbah Maridjan ditemukan. Di jalan masuknya, kita langsung disambut sama Masjid Al-Amin yang persis ada di samping rumahnya. Di sini juga kita diajak buat ngeliat sisa-sisa perabotan Mbah Maridjan yang udah luluh lantak diterjang wedhus gembel. Di hari itu, kebetulan ada Mbah Putri Maridjan yang adalah istrinya Mbah Maridjan. Di sana, dengan sabarnya Mbah Putri duduk di kursi plastik dan melayani orang-orang yang minta foto bareng. Jujur aja sih gue ga tega. Semoga sehat terus ya, Mbah.. 


(Mbah Putri Maridjan yang pake jilbab orange)

Di tempat Mbah Maridjan ditemukan, dibangun pendopo di mana isinya adalah foto dan agak mirip dengan makam yang ternyata adalah petilasan terakhirnya. Sempet salah kira kalo itu adalah makam Mbah Maridjan, sampe akhirnya dijelasin sama abangnya kalo itu adalah lokasi persisnya di mana Mbah Maridjan ditemukan. Di baliknya ada cerita sedih dan perjuangan dari orang-orang yang gagal menyelamatkan warga desa turun gunung pas wedhus gembel menyerang di 2010. 


Ada 4 relawan yang kemudian namanya diabadikan dalam sebuah kronologi yang dicetak di sebuah spanduk besar dan dipasang di rumah Mbah Maridjan. Yang pertama adalah Mbah Maridjan, Agus Wiyarto dan H. Tutur Priyanto (relawan PMI), dan Yuniawan Wahyu Nugroho (wartawan Vivanews) yang berusaha hingga akhir untuk menyelamatkan penduduk desa. Kronologi singkatnya adalah, ketika wedhus gembel mulai menerjang, 4 orang ini berusaha menyelamatkan warga dengan 1 mobil evakuasi (Suzuki APV) yang hanya bisa mengangkut 9 orang dalam sekali jalan. Karena ingin kembali dan menyelamatkan lebih banyak warga lagi, 4 orang ini kemudian kembali ke atas yang akhirnya malah terjebak dan kalah cepat dengan wedhus gembel hingga akhirnya gugur tepat di halaman rumah Mbah Maridjan. 


They are the real heroes, avengers who? May you rest in so much peace. Amin. 

Baca kronologi itu rasanya kayak, ada ya orang-orang kayak mereka yang rela mengorbankan nyawanya buat orang lain. Entahlah, sedih kalo baca kronologinya. 

Setelah selesai dari kunjungan museum ini, kita diajak untuk offroad di Kalikuning. Kalikuning ini sebenernya kayak bukan kali beneran, soalnya airnya jarang-jarang. Tapi setelah sedih-sedihan masuk 1 museum ke museum yang lain, kita diajak ketawa sampe teriak-teriak karena offroad di kali jadi-jadian ini ternyata seru. DAN YANG MAU AMBIL PAKET INI DIWAJIBKAN BAWA BAJU GANTI, BASAH BANGET INI MON MAAP. Abangnya coy mantap, gas terus bodo amat kita udah bilang "basahnya dikit aja mas" tetep weh pas turun basahnya sebadan. 

And it's all wrap. What a day. 

Sepanjang tour museum, gue mendapati 1 kalimat yang eyecatching yaitu Merapi Tak Pernah Ingkar Janji. Setelah pulang, gue googling yang ternyata artinya adalah Gunung Merapi ini punya siklus yang selalu datang tepat di waktunya. Tahun 2010 menjadi waktu di mana erupsi besar tiap 100 tahun sekali Gunung Merapi datang lagi "menyapa" para penduduknya. Engga lewat, engga kurang. Itulah mengapa Gunung Merapi Tak Pernah Ingkar Janji. 

Comments

Popular Posts