Job Seeker - Sonora FM

Nighty night! Mendadak insom muncul lagi dan bingung mau ngapain... dan akhirnya gue ngerasa punya utang buat nulis di blog jadi yaa kali ini gue mau bagi pengalaman gue tentang interview yang pernah gue jalanin di salah satu grup media terbesar di Indonesia, Kompas Gramedia.

Jadi awalnya banget gue lupa sebenernya kapan apply di sini, tapi seinget gue waktu itu gue emang sengaja ngunjungin berbagai website media-media, mengingat latar belakang pendidikan dan passion gue emang di sana, jadilah gue literally looking every media website I've known. Kalo ga salah, pas apply di sini, ini adalah website kesekian yang udah gue kunjungin waktu itu. Pokoknya sistem gue waktu itu setiap liat website pasti langsung masuk ke section career/karir, kalo ga ada yaudah bye.

Nah waktu buka bagian career/karir, waktu itu kompas gramedia lagi buka banyak banget posisi. Dan asiknya sih waktu itu 1 akun yang kita daftarin di websitenya bisa apply langsung di 5 bagian. 5 bagian yang waktu itu kalo ga salah sihyaaa gue apply buat posisi reporter (2), media planner, marketing, dan radio announcer. Sepemahaman gue sih sistemnya itu jadi kayak kalo lo ga diterima di pilihan pertama akan dioper ke pilihan kedua dan begitu seterusnya.

Buat kalian yang mau ngelamar kerja di Kompas Gramedia, ini ada beberapa website kompas yang bisa dikunjungin buat liat-liat ada lowongan kerja apa engga sekarang ini yaa.
http://www.kompasgramedia.com/work-with-kg
http://workwithkg.com/ats/eRecruitment/
http://kompaskarier.com/
http://career.gramedia.com/
http://jobs.kompas.com/

Nah jadi waktu itu gue dipanggil untuk interview ternyata gue dapet kesempatan di bagian radio announcer. Kompas gramedia sendiri emang punya 3 stasiun radio dan salah satunya adalah Sonora FM ini. Pemberitahuan pertama yang masuk adalah e-mail langsung dari official e-mail grup kompas ini yang bilang kalo gue lolos tahap screening cv dan masuk ke tahap selanjutnya, untuk tahap selanjutnya nanti akan dihubungi langsung dari pihak kompas gramedia ini. Sekitar 1 jam setelahnya, gue dapet telpon dari pihak kompas dan yang gue inget itu sore sekitar jam 4an. Namanya Mas One kalo ga salah dan dia ngatur jadwal interview buat tanggal berapa gitu gue lupa dan di gedung kompas gramedia tapi yang ada di Kota, bukan di Palmerah.

Hari yang ditunggu-tunggu dataaang dan gue berangkat ke sana sebenernya agak buta arah. Karena rumah gue di Bekasi, jadi sebelumnya gue emang udah browsing ini kantornya sebenernya di mana dan gue ke sana paling gampang naik apa. Akhirnya dari banyak rujukan, katanya paling gampang naik kereta dan bisa disambung naik angkot, tapi karena pilih aman daripada gue salah naik angkot jadi aja gue naik gojek dan sampailah gueeee di Kantor Kompas Gramedia yang ternyata dipergunakan khusus untuk stasiun radionya. Dan uniknyaa, persis di samping kantornya itu ada the first ever Gramedia book store, it's just really cool!

Pas mau masuk gedungnya prosedurnya sama aja kayak masuk gedung lain yang tuker ktp sama id tamu dll, dan akhirnya gue sampe di lobby lantai yang emang gue janjian waktu itu. Setelah laporan sama resepsionisnya, gue dikasih form biodata gitu dan disuruh isi. Waktu itu yang tes barengan gue ada 1 mba-mba dan gue ga sempet kenalan, karena pas baru dateng dia udah sibuk ngisi form dan gue udah disuruh isi form juga, pas gue belum selesai dia udah dipanggil test sama Mas One itu dan yaudah jadinya ga kenalan.

Pas di sana gue agak terenyuh juga sih sama salah satu Bapak yang pas ngeliat gue ngisi form di coffee table which is it's just really uncomfortable for me to write dan si Bapak ini langsung nyuruh gue buat masuk ke ruang meeting gitu dan ngasih meja yang lebih proper buat gue nulis. Makasih loh, Pak :')

Setelah nunggu sekitar setengah jam, si mba yang pertama tadi keluar dan giliran gue datang. Dan..... jujur aja gue agak degdegan waktu itu karena that was my very first professional job interview, sebelumnya emang udah pernah interview gitu tapi buat magang, jadi kayak ada beda aja rasanya. Nah pas masuk itu biasa lah salaman dan langsung disuruh duduk. Beberapa yang gue inget dari pertanyaan si Mas One ini yang pertama itu dia suruh gue perkenalkan diri, nanya tentang cv, pengetahuan gue tentang radio Sonora ini, daan sampe ngeliat instagram gue. Dan ini reminder aja buat temen-temen di luar sana yang suka posting hal aneh di instagram atau socmed lainnya, mendingan pas cari kerja dibenahin lagi isi instagramnya karena emang jadi penilaian kepribadian juga buat interviewernya, malu juga sih nanti kalo misalkan lagi diliat gitu ternyata ada foto-foto aneh.

Jadi sebenernya jenis pertanyaannya lebih kayak personal aja sih, engga terlalu yang menguji pengetahuan kita tentang si radio dan pekerjaan nantinya, tapi tetep harus dipersiapkan daripada nanti sotoy terus salah kan yaudahlah itu mah bye aja. Abis ditanya-tanya yang tadi itu, tiba tiba gue ditanya pengetahuan gue mengenai Social Media Analyst. Intinya Mas One itu nanya kalo gue jadi seorang Socmed Analyst ini, cara gue menganalisis konten media dan penggunanya seperti apa. Thanks to my uncle, gue pernah belajar sedikit marketing dan gue seengganya tau dasarnya. Pokoknya waktu itu gue jawab aja sepengetahuan gue tentang itu. Sampe akhirnya Mas One nanya, "Kalo disuruh pilih antara jadi announcer dan socmed analyst kamu pilih yang mana?" dan waktu itu gue mikirnya kalo gue lagi dites, apakah gue orangnya konsisten apa engga dan akhirnya gue milih untuk tetep jadi announcer padahaaal si Mas One ini bilang kalo gue bagus di socmed analyst ini. Okelah, yang penting gue konsisten waktu itu, pikir gue gitu.

Nah setelah selesai interview, biasa lah ada sesi tanya jawab, waktu itu gue tanya tahapan tesnya apa aja karena gue liat di website itu tesnya sampe ada 7 tahapan and I was thinking there was a lot things to do. Tapi Mas One bilang katanya kalo tahapan interview ini lolos ya berarti gue diterima. Yaa waktu itu pokoknya gue bismillah aja kalo emang rezeki ya ga akan ke mana. Dan setelahnya gue pulang.

Nunggulah gue sampe 2 minggu dan gue........ ga dapet jawaban. Agak kecewa sih waktu itu karena gue mikir kalo interview gue bagus dan lancar-lancar aja, sampe sempet mikir apa sih salah gue, apa salah ngomong apa gimana sampe ga diterima. Trus gue agak intropeksi juga sih, rada nyadar diri sebenernya mungkin suara gue ga cocok kali ya jadi announcer jadi ya emang belum rezeki.

Setelahnya gue nyari tips-tips dan review orang-orang yang pernah tes kerja macem gini sampe gue menemukan bahwa ada 1 blogger waktu itu yang ditawarin kesempatan berbeda dari apa yang dilamarnya. Jadi kayak gue ngelamar jadi announcer tapi ditawarin jadi socmed analyst, dan ternyata itu bukan tes, tapi emang kayak interviewer udah cocok sama kita tapi dia ngerasanya kayak kita ga cocok sama bidang yang diapply, tapi dia ngeliat kita kayaknya cocok di bidang lain makanya ditawarin gitu, tapi karena gue waktu itu tetep keukeuh maunya jadi announcer jadi mungkin dia kayak yaudah kalo ga mau mah. Nyesel banget sumpah sih pas tau.....

Tapi yasudahlah, namanya pengalaman pertama kan ya. Ga ada salahnya gagal, seengganya bisa jadi pelajaran buat interview atau tes tes selanjutnya.

Intinya sih pas sampe tahap wawancara just be you aja, jangan terlalu sotoy atau terlalu gatau apa apa. Good luck, fellas! 

Comments

Popular Posts