Janis and Irwan

So, tonight I went to coffee shop in my town and suddenly I met these two..

Jadi sebelumnya, kebetulan pacar gue lagi libur kerja dan bisa ngajak gue buat pergi keluar malem ini. Tadinya kita mau ke Kemang buat beli nasgil, tapi di jalan tiba tiba dia mau makan bebek dan akhirnya kita ke tempat makan yang emang khusus jualan bebek dan ayam goreng. Karena tempatnya rameeeee banget, akhirnya kita ga lama lama di situ dan berencana pindah tempat. Awalnya gue ngajak nonton karena mau nonton Spiderman, tapi pas diliat jadwalnya ternyata kalopun mau baru bisa dapet jam 10, which is already too late. Jadilah kita bingung mau ke mana dan di jalan jadi kayak pacar gue ngajakin ke tempat ini itu dan gue cuma bilang terserah. Katanya ribet, jadilah gue diajak ke tempat ngopi gitu, semacam warung kopi pinggir jalan but I think it's quite cozy.

Sampe di sana, gue pesen sosis goreng, indomie goreng, dan pisang bakar cokelat keju, sedangkan pacar gue mesen kopi namanya Bali Kintamani. I don't really like coffee, I had to have a very bad insomnia so I just don't want drink any kind of coffee. Sambil ngobrol, indomie sama sosis goreng gue dateng duluan, yaudah gue makan aja kan tuh indomie sama sosisnya barengan. Nah, pas gue selesai makan indomie, si pisang dateng, jadilah di meja kita ada sisa sosis goreng dan pisang yang belum kesentuh (btw, sosis gorengnya ini ternyata ada kentang gorengnya juga). Ketika gue lagi istirahat bentar buat kasih ruang buat menu selanjutnya, datenglah 2 anak yang gue liat ini kayaknya mau ngamen. Yaudah dong gue prepare ambil dompet dan gapapa lah kasian ya masih anak anak tapi udah harus ngamen, mana udah malem juga.

And this where this story begins...


Dua anak ini awalnya gue pikir kakak adik. Si kakak, perempuan, pake jilbab, tinggi, kinda cute and unbelievable very polite. Si adik, agak gemuk gemes, sawo matang, dan the purest soul I've ever meet. Jadi awalnya anak dua ini sepertinya mau ngamen, dan tiba tiba si adik dengan polosnya bilang ke gue, "Kak, ini dia mau pisang cokelatnya Kakak" sambil nunjuk kakaknya. Gue yang saat itu masih belum pengen makan, spontan langsung bilang "yaudah nih makan aja, duduk sini sama kita gapapa kok, ga usah malu malu" sambil gue nyodorin pisang coklat yang belum kesentuh. And their faces look so happy... I mean I only gave them snack and their faces literally look like that. Awalnya mereka kayak malu malu gitu pas mau makan, tapi gue bilang udah makan aja ga usah malu dan akhirnya mereka mau makan.

They are really cute, I swear..

Jadi pas mereka makan, ternyata mereka berani buat ngobrol sama gue. Awalnya gue tanya, "kalian dari mana?" terus si Kakak jawab "kita abis ngamen, Kak. Jalan dari Gading ke sini". Gue bilang lagi, "Loh kok jauh? Rumahnya di mana?" si Kakak jawab lagi, "rumah kita di PTI, ini kita mau ngamen lagi abis ini jalan pulang". Dalem hati gue mikir anjir ya anak anak sekecil ini mereka jalan dari Gading sampe PTI, dan itu jauuuh banget. Mau nangis aja gue. Terus gue tanya lagi, "kalian sekolah ga?" si Kakak jawab "iya, Kak. Aku mudah mudahan dapet di SMP 4 itu, aku maunya sih di situ. Kalo dia (nunjuk adiknya), kelas 2" gue jawab lagi "alhamdulillah deh kalo pada sekolah mah, sekolahnya yang rajin yaa, jangan keenakan ngamen dapet duit ntar ga mau sekolah lagi" si Kakak jawab lagi "yang sekolah aku doang, Kak. Ini dia mah ga sekolah, harusnya kalo dia sekolah sekarang udah kelas 2, tapi karena ga didaftarin sekolah sama ibu jadinya dia ga sekolah. Ibu udah daftarin kakaknya dia soalnya, jadi dia ga kebagian sekolah" jawabnya dengan enteng sambil ngunyah pisang coklat...... Bener bener deh gue mau nangis di depan dia.

Dan si adiknya ini sumpah demi apapun adalah anak kecil terpolos yang pernah gue temuin. Jadi tiba tiba dia nanya, "Kak, Kakak ngerokok ya?" lah gue bingung, gue jawab "aku engga ngerokok kok" trus tiba tiba dia nyeletuk, "itu kakak cewek yang di dalem yang pake kacamata dia ngerokok. Emang kalo orang ga ngerokok sampe sebulan gitu ntar dia bisa bosen ya, Kak?" duh dek gue mau ketawa tapi mau nangis "engga ah, aku ga pernah ngerokok aja ga pernah bosen kalo lagi ga ngerokok. Kalo bosen main hp aja, nanti ga bosen lagi" trus dia bilang "tapi kak, kakak aku kan jaga di Columbus, nah dia ga ngerokok sebulan trus katanya bosen, trus pas dia lagi main hp, hpnya dia nyebur jadinya hpnya rusak" gemes banget gue sumpah ama nih anak, kok bisa polos bangeeeet.

"kalian biasanya ngamen dari jam berapa?" si Kakak jawab "ga tentu sih kak, biasanya dari sore atau engga abis maghrib. Aku pulang sekolah ngerjain PR dulu trus ngaji, abis itu baru deh ngamen" speechless... "adeknya tuh diajarin ngaji juga" si Kakak jawab "yah dia mah kak, dikasih buku malah disobek sobek buat jadi duit duitan" trus si Adik nyaut "waktu itu ya dikasih buku yang ada gambarnya bagus banget aku suka gitu kak trus pas aku mau ambil lagi di Adam eh diilangin sama dia, padahal bagus banget bukunyaa" gue dalem hati sini aja dek main ke rumah gue, banyak bukuuuu. Trus si kakak bilang "dia mah kak anaknya boros, masa dikasih uang 15ribu seharian abis buat beli petasan, ntar kalo petasannya udah abis baru pulang, ga bisa ngirit banget orangnya" trus gue bilang "kamu kalo punya uang jangan dibeliin petasan, beli makan aja atau beli apa gitu, kalo petasan kamunya ga kenyang" trus si Adik jawab "aku kasih duit ke ibu kak 5ribu buat beli mie goreng eh sama ibu ga dikembaliin, yaudah deh" trus gue jawab "iya tapi jangan beli petasan yaa, sayang duitnya, mendingan buat yang lain". Trus tiba tiba ada nenek nenek gitu minta minta, sebenernya gue agak ga suka sama yang kerjanya cuma minta minta doang, tapi mumpung ada recehan yaudah kasih aja, trus si Adik nanya "kak pernah ngasih anak punk yang kupingnya gitu gitu ga?" gue jawab "ga pernah, ga suka aku sama anak anak kayak gitu, ga bener kebanyakan, ujung ujungnya malak" si Kakak bilang "biasanya gitu sih ya kak buat mabok" si Adik bilang "aku kak masa waktu itu pernah diginiin (ngangkat bagian leher bajunya nutupin mulutnya) sama anak punk gitu trus kepala aku di dor (sambil niruin bentuk pistol pake tangannya)" gue bilang "kalian hati hati aja sama anak anak kayak gitu yaa"

Masih sambil makan, si Kakak-Adik ini mulai nanya harga makanan yang ada di warung kopi itu. Sebenernya harga makanan sama minuman yang di sana ga mahal sama sekali, cuma sekitar 10ribuan dan gue rasa ya itu emang standar harga makanan di Bekasi. Pas gue kasih tau mereka kalo makanan ini 10ribu, makanan itu 5 ribu, kopi ini 10ribu, mereka spontan bilang "mahal banget ya, kak" yaAllah maafin hambamu ini yang kalo lagi banyak duit kadang suka ga mikir beli makanan mahal padahal ya cuma gitu gitu aja................................

Cerita mereka masih berlanjut. Sebenernya agak keskip dikit soalnya waktu pas kita lagi makan tiba tiba ada dua ondel ondel menuju arah gue dan ga basa basi gue kabur ke dalem, gue takut ama ondel ondel. Pas lagi nunggu ondel ondelnya pergi, si anak dua ini masuk ke dalem dan ngasih piring pisang coklat ke gue sambil bilang "kak ini bisa dibungkus ga?" gue jawab "oh bisa kok, bentar ya minta bungkusin dulu" sambil nunggu pisangnya dibungkus, gue nanya ke mereka lagi "kalian adik kakak ya?" si Kakak jawab, "engga kak, aku sama dia ini beda bapak (atau ibu gitu, gue lupa), cuma kita ngamennya barengan" terus si Adik nanya "nama kakak siapa?" gue jawab "aku tami" trus dia jawab "ooh kak tami, kalo nama aku irrrrrrrwaaan" sumpah nih anak gemes banget pengen gue bawa pulang "kalo kamu siapa namanya?" gue nanya ke Kakaknya "aku janis" gue jawab "lah mirip itu namanya sama yang di depan, itu yang di depan namanya janet" terus gue tanya lagi "kalian langsung pulang apa ngamen lagi?" si Kakak jawab "ngamen lagi kak sekalian jalan pulang" trus gue penasaran kan ya ini anak orang tuanya kerja apa kok anaknya sampe bisa ngamen, gue tanya akhirnya "ibu kamu kerja apa?" si Kakak jawab "ibu aku cuci gosok di daerah bawah, aku ngamen lagi ini soalnya biar nanti pulang ada uang lumayan, kadang ibu kalo pulang ga langsung bawa uang, trus hari ini juga lagi sepi, jadi aku mau ngamen lagi, kalo aku ga ngamen trus besok kita mau makan apa" nangis deeeek gue nangis ajaaaa helpppp.

Trus saat itu juga bungkusannya dateng, terus mereka bilang "kak kita lanjut jalan lagi yaa, makasih pisang, sosis, sama aquanya" sambil salim ke gue. Ya Allaaaah...  "iyaa kalian hati hati yaaa, kamu jangan beli petasan yaa, uangnya diirit irit, kamu juga jagain adenya, ajarin dia ngaji sama belajar ya" trus mereka sambil jalan keluar trus salim ke janet "iya kaak, jalan lagi ya kak" gue jawab "iyaaa hati hati ya kaliaan" sambil dadah dadah sampe mereka ga keliatan lagi..

To be continued...

Comments

Popular Posts